Mewawancarai Nathan East Diiringi Lagu-Lagu Favoritnya

Posted: Agustus 7, 2014 in Kisah

5 Maret 2011 saya dijadwalkan untuk mewawancarai bassist Nathan East.Adib Hidayat dari Rolling Stone meminta saya untuk mewawancara Nathan East.Saya menyanggupi permintaan ini karena bassist murah senyum ini memiliki jejak rekam yang fantastik dalam industri musik dengan mendukung banyak rekaman dan pentas pertunjukan sebagai bassist .Mulai dari soul,funk,jazz hingga rock sekalipun. Tempat wawancara berlangsung di Gedung Yamaha Music Foundation yang beralamat di bilangan Jalan Gatot Subroto Jakarta.Saat wawancara saya ditemani oleh fotografer Putra Djohan.Djohan ini adalah fotografer yang banyak mermbuat foto-foto berkaitan dengan dunia musik mulai dari foto cover kaset atau CD  hingga foto-foto konser.Saya baru berkenalan dengan Djohan saat berlangsungnya wawancara tersebut.Orangnya ramah dan punya banyak ide.Dia paham dengan obyek yang akan dipotretnya. Bahkan Djohan jauh hari sebelum berlangsungnya wawancara telah mempersiapkan sebuah playlist yang berisikan lagu-lagu favorit dari Nathan East.Djohan melakukan googling dan menemukan lagu-lagu yang disukai oleh Nathan East. Playlist tersebut lalu diputar oleh Djohan saat saya mulai melakukan wawancara dengan Nathan East termasuk saat East melakukan pemotretan dibawah arahan Putra Djohan. Dan trick ini ternyata memang manjur bin mustajab.

Nathan East dengan senang melakukan wawancara bersama saya (Foto Putra Djohan)

Nathan East dengan senang melakukan wawancara bersama saya (Foto Putra Djohan)

Karena saya merasakan betapa Nathan East terlihat sangat menikmati sesi wawancara dan pemotretan yang dilatari pemutaran lagu-lagu kesayangannya tersebut yang kebanyakan didominasi oleh lagu-lagu bernuansa soul funk mulai dari Tower of Power,Earth Wind & Fire serta repertoar milik gitaris jazz legendaris Wes Montgomery. East terlihat enjoy dan terkadang disela-sela obrolan,East mengalihkan pembicaraan ke soal bagaimana teknik ngebass dari bassist Rosco Prestia yang bermain dalam kelompok Tower Of Power.”I like Prestia” ucap Nathan East sambil kepalanya ikut bergoyang kecil.

Pose ini adalah ide dari saya.Dan Nathan East pun menyetujuinya (Foto Putra Djohan)

Pose ini adalah ide dari saya.Dan Nathan East pun menyetujuinya (Foto Putra Djohan)

Waktu wawancara yang disediakan sekitar 15 menit,akhirnya jadi panjang hingga 45 menit,karena Nathan East seolah terbawa dalam suasana yang menyenangkan.Ketika seorang panitia masuk ke ruangan tempat wawancara untuk memberitahu bahwa di ruangan lain telah menunggu acara klinik bass yang sore itu diisi oleh Nathan East, bassist yang kini mendukung band Toto itu justru minta waktu sedikit lagi untuk menuntaskan sesi wawancara dan pemotretan. Ternyata Nathan East merasa nyaman dalam sesi wawancara yang diiringi lagu-lagu kesayangannya. Sebuah trick jitu dari fotografer Putra Djohan.Sore itu saya dapat satu pelajaran baru lagi tentang memberikan suasana nyaman terhadap orang yang tengah saya wawancarai.Terimakasih Djohan.

Nah,jika ingin mengetahui susunan playlist lagu yang disusun fotografer Putra Djohan saat mewawancarai dan memotret Nathan East ini catatannya :

1. Wes Montgomery – How Insensity

2. Earth Wind and Fire – Boogie Wonderland

3. Earth Wind and Fire – Fantasy

4. Earth Wind and Fire – reasons

5. Earth Wind and Fire – in the stone

6. Earth Wind and Fire – every now and then

7. Good Times 2 – So very hard to go

8. Tower of Power – I like your style

9. Tower of Power – so very hard to go

10. Tower of Power – Soul with a capital ‘S’

11. Tower of Power – What is Hip?

12. Tower of Power – Play That Funky Music White Boy

13. Wes Montgomery – Windy

14. Earth Wind and Fire – Let’s Groove

15. Earth Wind and Fire – September

Tinggalkan Balasan

