Indra Lesmana Menaklukkan Amerika Serikat

Posted: September 10, 2014 in Kisah, Tinjau Album

Sekitar 28 tahun silam,saya nyaris tak percaya ketika melihat kaset Indra Lesmana “For Earth and Heaven” yang dirilis oleh Alpine Record berada di rak kaset Duta Suara di Jalan Sabang Jakarta.

Cover depan album For EWarth and Heaven - Indra Lesmana (Foto Denny Sakrie)

Cover depan album For EWarth and Heaven – Indra Lesmana (Foto Denny Sakrie)

Apalagi setelah melihat nama-nama pemusik yang tertera dalam sampul kaset merupakan nama-nama mumpuni dalam konstelasi musik jazz seperti almarhum Charlie Haden (bass),Vinnie Colaiuta (drums),Michael Landau (gitar elektrik),Airto Moreira (perkusi) dan masih sederet nama-nama kesohor lainnya.Terbersit kekaguman yang luar biasa terhadap sosok Indra Lesmana yang telah mengharumkan nama bangsa. Tapi sayangnya kaset yang saya beli itu adalah hasil bajakan Alpine Record terhadap rekaman yang dirilis oleh Zebra/MCA Record Amerika Serikat.Uhhhh. Tapi,karena piringan hitam Indra Lesmana itu memang tidak masuk ke wilayah pasaran Indonesia,ya dengan terpaksa album jazz fenomenal karya pemusik Indonesia itu saya beli juga.

Cover belakang album solo kedua Indra Lesmana di Zebra/MCA Reciord AS For Earth and Heaven (Foto Denny Sakrie)

Cover belakang album solo kedua Indra Lesmana di Zebra/MCA Reciord AS For Earth and Heaven (Foto Denny Sakrie)

Bagaimana hingga Indra Lesmana berhasil memikat perhatian salah satu label jazz ternama di Amerika Serikat saat itu ? Kabarnya, Indra Lesmana memperoleh rekomendasi dari pianis jazz ternama Chick Corea,pemusik yang jadi idola Indra Lesmana sekaligus menjadi sahabatnya.Ricky Schultz dari MCA Record tertareik dengan musikalitas Indra Lesmana.Tahun 1983 Ricky lalu meminta Indra Lesmana untuk merekam album debutnya di Zebra/MCA.
Bersama dengan kolega musiknya dari Australia Nebula yang terdiri atas Andy Evans (drums) ,Steve Hunter (bass),Ken James (saxophone), Carlinhos Goncalves (perkusi),dan Vince Genova (piano) ,Indra Lesmana lalu menghasilkan album bertajuk No Standing yang dirilis oleh Zebra/MCA Record pada tahun 1984 yang berisikan 5 komposisi, 4 diantaranya adalah karya Indra Lesmana seperti No Standing,Sleeping Beauty,First dan Tis Time For Part,satu lagu lainnya Samba For E.T ditulis oleh Steve Hunter.

IL2
Di tahun yang sama,Indra Lesmana segera masuk studio rekaman untuk album solo yang kedua.Kali ini Indra Lesmana menggunakan studio rekaman milik Chick Corea Mad Hatter Studio.Sederet pemusik jazz papan atas siap berkolaborasi dengan Indra Lesmana yang saat itu baru berusia 18 tahun.Masih sangat muda, memasuki usia remaja. Sudah barang tentu ini merupakan pengalaman jazz yang sangat luar biasa bagi Indra Lesmana yang memainkan seluruh instrumen keyboard dan menuliskan semua komposisi lagunya. Di album ini Indra Lesmana didukung oleh Jimmy Haslip (bass),Charlie Haden (bass),Vinnie Colaiuta (drums),Michael Landau (gitar elektrik),Martin Lund (flute),Joel Peskin (saxophone),Airto Moreira (perkusi),Bobby Shew (trumpet),Moqie Lund (vokal) dan Albert Tootie Heath (drums).Nama yang disebut terakhir itu adalah drummer be bop legendaris.Makanya album ini merupakan puncak pencapaian musik dari Indra Lesmana.Ada 9 komposisi di album For Earth And Heaven yang dirilis Zebra/MCA pada tahun 1986 yaitu Stephanie,L.A,Corrbores,Song For,For Earth and Heaven,Morro Rock,Dancing Shoe serta First Glance karya Martin Lund dan Christmas Songs karya Mel Torme dan Robert Wells.

Cover belakang album No Standing - Indra Lesmana (Foto Denny Sakrie)

Cover belakang album No Standing – Indra Lesmana (Foto Denny Sakrie)

Sayangnya setelah merilis album ini Indra Lesmana akhirnya memilih kembali ke Indonesia dan bergabung dengan kelompok Krakatau.Sangat disayangkan.Tapi mungkin itulah pilihan terbaik dari Indra Lesmana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s