Saat Pertama Nonton Bharata Band

Posted: September 14, 2014 in Kisah, Liputan

Sebetulnya usia Bharata Band itu bisa dianggap sama dengan usioa The Beatles, band Liverpool yang mereka kagumi dan mereka pilih sebagai band yang dijadikan sebagai impersonator.Menurut Tato Bharata,gitaris Bharata,.band yang dibentuknya bersama sauidara-saudara kandungnyta itu terbentuk tahun 1963.Bharata Band juga sempat merasakan tembok penjara di zaman Orde Lama Bung Karno karena kena razzia aparat saat menyanyikan lagu-lagu dari The Beatles seperti halnya yang dialami Kus Bersaudara di tahun 1965.

Bharata Band yang sekian lama vakuum mulai muncul lagi pada tahun 1984 namun dengan menambahkan dua anggota baru yaitu Jelly Tobing (drum) dan Abadi Soesman (gitar,keyboard dan vokal).Kembalinya Bharata Band dalam dunia hiburan panggung pada paruh dasawarsa 80an serta merta mendap[at sambutan hangat luar biasa.Bharata Band lalu mulai tampil dimana-mana dengan jadwal manggung yang luar biasa padat.

Saat itu rasa penasaran saya semakin menggebu membaca berita-berita tentang konser-konser Bharata Band yang membawakan lagu-lagu The Beatles sejak tahun 1984.Sebagai penggemart The Beatles pastilah saya memendam hasrat meluap untuk menyaksikan salah satu tribute band The Beatles terbaik di negeri ini.

Pucuk dicinta ulam tiba, di tahun 1987,saya memetik kabar bahwa Bharata Band akan manggund di Ujung Pandang.Saat itu saya masih bermukim di ibukota provinsi Sulawesi Selatan itu.Saya masih kluliah di Fakultas Ekonomiu Universitas Hasanuddin.Saya pun tak menyia-nyiakan peluang untuk nonton konser  Bharata Band.

Abadi Soesman memprovokasi penonton Bharata Band di Ujung Pandang tahun 1987 (F oto Denny Sakrie)

Abadi Soesman memprovokasi penonton Bharata Band di Ujung Pandang tahun 1987 (F
oto Denny Sakrie)

Bharata Band mel;akukan konser di Gedung Kemanunggalan ABRI & Rakyat di Jalan Jendereal Sudirman Ujung Pandang.Selain nonton,saya ingin menulis  liputan konser Bharata Band ini untuk majalah Vista Jakarta.Saat itu saya memang jadi kontributor atau istilahnya saat itu adfalah koresponden,majalah Vista dari Ujung Pandang..

Saat Jelly Tobing menghajar drum dan muncul introduksi Twist and Shout,aura The Beatles pun merebak di ruang berkapasitas sekitar 1500 penonton itu.Semuanya larut dengan lagu-lagu era awal The Beatles seperti I Saw Her Standing There,She Loves You hingga Oh Darling yang justru dinyanyikan Jelly Tobing.

Konser ini bisa diosebut sukses,komunikasi yang dilakukan Abadi Soesman memang mampu memprovokasi penonton yang semula dingin dan adem ayem merespon penampilan Bharata Band yang tampil sekitar 2 jam tanpa jeda. Sebuah tontonan yang tak terlupakan sepanjang zaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s