Mengharapkan Reuni Badai Band

Posted: November 3, 2014 in Kisah, Opini

Sejak tahun 1997 saya punya obsesi untuk bikin reuni Badai Band yang terdiri atas Chrisye (bass,vokal),Yockie Surjoprajogo (keyboards),Keenan Nasution (drums),Oding Nasution (gitar),Roni Harahap (keyboard) dan Fariz RM (drums).

Badai Band saat tur di Palembang tahun 1979 (Foto Zoom)

Badai Band saat tur di Palembang tahun 1979 (Foto Zoom)

Kenapa ? Karena band ini punya nilai historik dalam khazanah musik pop Indonesia, bermula ketika Eros Djarot menggagas pembuatan album Badai Pasti Berlalu yang diinspirasikan dari music score film Badai Pasti Berlalu (1977).Di akhir tahun 1977 muncullah album Badai Pasti Berlalu yang fenomenal,didukung oleh Eros Djarot,Yockie,Chrisye,Fariz RM serta Debby Nasution dan Keenan Nasution.Tahun 1978 Badai Pasti Berlalu meledak.Musik Indonesia serta merta berubah dengan kehadiran mereka.Saat itu Chrsiye yang juga baru rilis album solo Sabda Alam (1978) mulai banyak manggung.Disinilah awal muncullnya Badai Band saat Chrisye dkk jadi salah satu penampil di acara Dapur Musik Betawi.Sys NS penggagas acara tersebut spontan memberi nama Badai Band pada kelompok yang berasal dari kawasan Pegangsaan Menteng tersebut.

Yockie Surjoprajogo,Eros Djarot dan Roni Harahap berbicara tentang album Badai Pasti Berlalu (Foto Asra Nur)

Yockie Surjoprajogo,Eros Djarot dan Roni Harahap berbicara tentang album Badai Pasti Berlalu (Foto Asra Nur)

Tahun 1997 saat masih di radio M97FM (yang sudah almarhum),saya berupaya untuk menyatukan Badai Band yang anggota telah terpisah sekian lama.Satu persatu saya menghubungi mereka.Mereka seperti mau tak mau.Tapi Chrisye yang jelas dan tegas tak menginkan reuni Badai Band.”Konsep musik kita masing-masing telah jauh berbeda,Jadi gak mungkin Badai Band itu ada” ungkap Chrisye lugas.Alhasil,Radio M97FM hanya bisa menyatukan reuni pemusik Pegangsaan yang didukung Keenan Nasution,Gauri Nasution,Oding Nasution,Debby Nasution,Fariz RM,Harry Sabar dan beberapa nama lain.Yockie yang tadinya diharapkan ikut serta,justru tak bisa membagi waktu karena saat itu sedang melakukan proses rekaman album God Bless Apa Kabar ? dikawasan Puncak.

Badai Band di tahun 1979

Badai Band di tahun 1979

Badai Band akhirnya memang tak jadi reuni.Namun Chrisye yang baru saja sembuh dari penyakit kanker pada tahun 2006 sempat melakukan reuni bersama Gipsy Band di Bugs cafe Pondok Indah walaupun harus bernyanyi di atas kursi roda.Reuni Badai Band tetap tak terwujud hingga akhirnya Chrisye menutup mata pada tahun 2007.
Setahun berselang Yockie Surjoprajogo berniat untuk kembali menghidupkan Badai Band. Meskipun Chrisye telah berpulang,mereka masih memiliki semangat untuk menghidupkan kembali Badai Band. Setidaknya di Badai Band ada 3 pemusik yang sebetulnya juga bisa bernyanyi yaitu Keenan Nasution,Yockie Surjoprajogo atau Fariz RM.

chrisye1

Saat itu disekitar tahun 2008 Yockie,Keenan,Oding,Fariz RM dan Berlian Hutauruk telah melakukan pertemuan pertama di Citos untuk merencanakan reuni Badai Band.Sayangnya reuni tersebut lagi-lagi gagal terwujud.
!5 Desember 2013 sahabat saya Dimas Ario bikin acara diskusi musik tentang album Badai pasti Berlalu di sebuah kafe di Gandaria yang menghadirkan Eros Djarot,Yockie Surjoprajogo dan Roni Harahap.Saat itu terbetik lagi wacana untuk membuat reuni Badai Band,namun hingga hari ini masih belum berbuah wujud juga.

Komentar
  1. patricia mengatakan:

    wah, gak sangka dua idola saya (Chrisye dan Fariz RM) pernah ada di satu band. Kang Fariz benar2 kayak orang bule ya, mani putih jeung kasep pisan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s