Kapankah Videoklip mulai muncul di Indonesia ?

Posted: November 5, 2013 in Sejarah

Kelompok Panbers saat melakukan shooting videoklip di tahun 1975 dengan menggunakan playback atau full lipsynch

Kelompok Panbers saat melakukan shooting videoklip di tahun 1975 dengan menggunakan playback atau full lipsynch

Kapankah videoklip mulai hadir atau terlihat di negeri ini ? Siapakah pemusik atau penyanyi yang dibuatkan videoklip untuk pertamakalinya ? Lalu siapakah sutradara videoklip di Indonesia ?. Hingga detik ini belum ada sebuah kesepakatan tentang apakah videoklip pertama dan siapakah sutradara videoklip pertama di Indonesia. Namun saya dengan segenap upaya berupaya melakukan sedikit riset kecil-kecilan tentang hal ini.Boleh jadi hasilnya mungkin berbeda atau malah keliru sama sekali.Tapi toh dengan pembeberan atau pemaparan ini setidaknya bisa menjadi pemicu untuk penelitian yang lebih jauh dan mendalam lagi perihal sejarah videoklip di negara ini. Videoklip memang merupakan salah satu tools atau perangkat menunjang pesan dari sebuah lagu dengan imbuhan penyajian secara visual.Kepentingan lainnya yang sangat signifikan adalah sebagai medium promosi terhadap sebuah lagu dalam konstelasi industri musik tentunya.

Budi Schwarzkrone saat mengarahkan Bimbo dalam videoklip "Sendiri" di tahun 1976

Budi Schwarzkrone saat mengarahkan Bimbo dalam videoklip “Sendiri” di tahun 1976

Televisi Republik Indonesia yang didirikan Pemerintah 24 Agustus 1962 merupakan media yang banyak mendukung industri musik.Banyak acara-acara musik di TVRI yang pada galibnya mengangkat khazanah musik Indonesia seperti Gaja dan Irama,Nada dan Improvisasi,Kamera Ria,Aneka Ria Safari,Dari Masa Ke Masa,Irama Lautan Teduh,Musik Malam Minggu,Album Minggu Ini,Orkes Telerama,Orkes Chandra Kirana dan masih banyak lagi lainnya.

Acara musik Telerama dengan Orkes Telerama di TVRI tahun 1976

Acara musik Telerama dengan Orkes Telerama di TVRI tahun 1976

Dari siaran musik yang dikelola TVRI inilah para pemusik Indonesia secara perlahan membangun popularitas mereka secara maksimal.Pemunculan  para penyanyi dan band di TVRI menimbulkan inspirasi bagi para seniman musik untuk tampil pula di layar kaca. Di TVRI sendiri terdapat acara Wajah Baru atau  Kenalan Baru yang menampilkan penyanyi penyanyi pendatang baru dalam dunia musik  Indonesia.Untuk tampil di acara ini mereka harus melalui tahap audisi yang cukup ketat. 

Pada paruh era 1970an TVRI mulai bereksperimen menampilkan lagu dengan setting outdoor yang terlihat lebih natural.Boleh jadi ini merupakan embrio atau cikal bakal munculnya era videoklip yang mulai marak di era 80an hingga 90an. Menurut Budi Schwarzkrone, yang saat itu menjabat sebagai pengarah acara di TVRI, videoklip pertama yang muncul di TVRI adalah lewat penampilan penyanyi Ernie Djohan di tahun 1972 dengan menggunakan kamera Éclair 16 mm.Tetapi yang bisa dianggap videoklip utuh dengan memakai playback atau lipsynch adalah videoklip kelompok Panbers di tahun 1974 dengan memakai kamera Arriflex 16 BL.

Videoklip pertama Indonesia adalah Ernie Djohan garapan Budi Scwarczkrone (TVRI) th 1972 pake kamera Eclair 16 mm

Videoklip pertama Indonesia adalah Ernie Djohan garapan Budi Scwarczkrone (TVRI) th 1972 pake kamera Eclair 16 mm

Para pembuat videoklip kemudian lebih memperlihatkan kreativitas yang lebih modern pada era 1990an seperti karya-karya Rizal Manthovani,Jay Subyakto,Dimas Djajadiningrat,Garin Nugroho,Ria Irawan dan beberapa nama nama lainnya.Hingga memasuki akhir era 80an dan masuk awal era 90an videoklip ala TVRI ini bisa dianggap sebagai sebuah medium yang ampuh dan tetap untuk mendukung popularitas sebuah karya cipta lagu dalam lingkup industri musik. Dan ketika izin beroperasi stasiun TV swasta dibuka pada akhir 80an dengan resmi berdirinya RCTI secara perlahan mulai mencuat aktivitas produksi videoklip. Di era yang juga sangat terpengaruh oleh keberadaan MTV, bermunculanlah sosok sosok muda dalam penyutradaraan videoklip, sebut saja nama-nama seperti Riza Manthovani hingga Jay Subiakto mulai unjuk kreasi dengan sederet videoklip yang memiliki kadar kreativitas yang lebih modern.

Pemusik Gombloh bersama model videoklip Titi Qadarsih saat penggarapan videoklip Kugadaikan Cintaku di tahun 1984

Pemusik Gombloh bersama model videoklip Titi Qadarsih saat penggarapan videoklip Kugadaikan Cintaku di tahun 1984

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s